www.kampoengdolanan.or.id, Pada bulan Maret ini menjadi bulan yang sebetulnya sangat penting bagi Indonesia karena erat kaitannya dengan masyarakat adat. Salah satu cara untuk mewarisi budaya nusantara dan mempertahankan pelestarian nusantara adalah dengan cara memperingatinya agar kita ingat dan terkenang hingga bisa mengenalinya. Di bulan Maret, ada dua tanggal yang berhubungan dengan masyarakat adat yakni tanggal 13 Maret merupakan Hari Masyarakat Adat dan tanggal 17 Maret adalah Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMAN).

Melalui momen inipun, sebuah wadah kecil dari komunitas kampoeng dolanan bernama Kartar KD mengadakan kegiatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMAN). Kegiatannya sangat banyak, yakni dimulai dari Upacara, Gelar Budaya Nusantara, Gelar Permainan Rakyat, Workshop Hias Yoyo dan Kekean hingga pentas yang diisi oleh kartar hingga Ludrukan Nom-noman Tjap Arek Suroboyo (Luntas). Semua kegiatan ini dilakukan dalam tajuk Satu Nusantara. Dinamakan Satu Nusantara karena ada harapan bahwa kita semua satu dalam se-Nusantara dan ayo kita bersatu untuk memajukan Nusantara.

Harapan itu juga tertuang dalam Janji Nusantara yang disampaikan serentak oleh seluruh peserta upacara. Janji Nusantara tersebut berisikan tiga hal yakni menjaga dan melestarikan budaya nusantara; memperkenalkan budaya nusantara; dan menjaga persatuan Indonesia dalam satu nusantara. Berikut ini isi detail terkait janji nusantara :

Janji Nusantara :
1. Kami Bangsa Indonesia berjanji untuk menjaga dan melestarikan budaya Nusantara
2. Kami Bangsa Indonesia berjanji untuk memperkenalkan budaya Nusantara
3. Kami Bangsa Indonesia berjanji untuk menjaga persatuan Indonesia dalam satu Nusantara

Petugas Upacara :
1. Pemimpin Upacara : Virra Putri Sabrina
2. Pemimpin Barisan : Triya Yulindah Syarani, Lulu Salsabillah, M. Rasya Putra, M. Erik Aji Santoso
3. Pembawa Acara : Salva Dyah Intan Anggraeni
4. Pembawa Naskah Pancasila : Angger Putri Yuanda
5. Pembaca Teks UUD 1945 : Nayla Oktavia Ramadani
6. Pembaca Janji Nusantara : Salsabila Putri Handayani
7. Pembaca Doa : Azzahra Naura Zakiah
8. Dirigen : Jeany Disya Nur Aini

Upacara Satu Nusantara pun bisa dilakukan dengan petugas upacara yang diisi oleh kartar semuanya, sementara itu peserta upacaranya terdiri dari anak-anak kampoeng dolanan, FBII Jawa Timur, Arkom Jawa Timur, Kampoeng Dolanan hingga masyarakat setempat. Serangkaian kegiatan upacara berlangsung secara hikmat. Bahkan para pengendara yang biasa melintasi jalan, mereka diarahkan ke jalur lain oleh warga agar tidak mengganggu jalannya upacara. (sam/kd)