wwwk.kampoengdolanan.or.id, Beberapa waktu lalu, kampoeng dolanan begitu gencar menyuarakan terkait kolaborasi roadshow. Dimana hal ini dilakukan agar semakin banyak penggerak-penggerak lokal yang muncul untuk melestarikan permainan tradisional. Pada Sabtu (27/11/2021), kampoeng dolanan berada di Jombang dan bertemu dengan teman-teman komunitas seperjuangan yaitu Badala Nusantara, Sekolah Pantomim Nusantara dan Dunia Imajinasi.

Tiga komunitas tersebut merupakan komunitas seperjuangan bersama kampoeng dolanan dalam memerdekakan hak anak namun dengan caranya masing-masing. Komunitas-komunitas yang kalau “Ayo besok roadshow”, jawabnya “OKE, BUDAL”. Saat itu juga terlanjur rindu tentang kolaborasi roadshow. Akhirnya kami bersepakat untuk membuat roadshow di Alun-Alun Jombang dengan beragam kegiatan yang dilakukan yaitu permainan tradisional, lapak baca gratis dan pantomim.

Pagi-pagi hari Minggu (27/11/2021) kami semua hadir di Alun-alun Jombang, ada buku bacaan anak-anak, ada juga pantomim dari SPN yang menghadirkan anak didiknya usia SD untuk tampil Street Mime di Alun-alun Jombang. Selain itu juga menyajikan berbagai jenis permainan tradisional yaitu Hulahop, Egrang Bambu, Egrang Tali Bambu, Lompat Tali, Yoyo, Gasing dan lain-lain.

Indra, salah satu pengunjung alun-alun Jombang mengatakan bahwa dia bernostalgia dengan hadirnya acara ini “wah, ini mainanku jaman duluu. ada yoyo, egrang, gasing dan lain-lain”, tutur Indra. Sementara itu yusuf, anak kecil yang menyaksikan Street Mime terlihat begitu puas tertawa karena perform dari anak-anak SPN yang sangat menghibur. “Lucuu, seneng”, ungkap Yusuf. Lain halnya dengan Bu Desi yang mengajak keluarganya datang dan anaknya senang sekali dengan buku bacaan “Buka terus tiap minggu disini mas, saya sekeluarga seneng”, papar Bu Desi sambil menunjukkan anak dan suaminya yang lagi asik membaca.

Memang betul, seperti ibarat lidi yang hanya satu batang dibanding dengan lidi 10 batang masih kokoh yang lidi 10 batang. Kami menjadi kokoh, kuat dan berbahagia saat kita bersama-sama dalam satu kegiatan yang berkolaborasi. Menjadi lebih banyak teman, banyak pengunjung dan banyak anak-anak yang kita merdekakan haknya. Semoga selanjutnya kita bisa berkolaborasi lagi.