kampoengdolanan.or.id, mengawali perjalanan di tahun 2021 ini sangatlah menyenangkan dimana penggeraknya dari anak-anak muda mulai bermunculan. Pada awal tahun ini juga, karang taruna kampoeng dolanan (Kartar KD) terbentuk dengan struktur yang jelas mulai dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara hingga manajer program. Kartar KD pun sudah menyusun program selama setahun. Wooow, sesuatu hal yang menakjubkan. Dimana mereka yang masih berstatus SMK, SMP dan SD Kelas 6 sudah berani menyusun program selama setahun untuk adik-adik di kampoeng dolanan hingga masyarakat kampoeng dolanan.

Disela-sela mereka menyusun program selama setahun, ada komunitas yang menawarkan kolaborasi dengan kampoeng dolanan. Komunitas tersebut bernama Forum Berbagi Ilmu Indonesia Chapter Jawa Timur (FBII Jawa Timur). Disambungkanlah dengan kartar KD yang saat ini sebagai penggerak utama dalam menjalankan program kampoeng dolanan di kampung kenjeran 4c. Setelah melanjutkan komunikasinya, akhirnya tercetuslah kolaborasi yang berkaitan dengan pendidikan hingga melaksanakan jadwal pembelajaran dengan intensitas 3 kali dalam seminggu. Terkait pelaksanaannya telah ditentukan dan disepakati bersama di setiap hari Senin, Selasa dan Jumat.

Kami patut bersyukur karena masih ada pemuda/i yang peduli dengan pendidikan anak negeri, khususnya adik-adik di kampoeng dolanan. Terlebih lagi ketika para pemuda/i yang tergabung di FBII Jawa Timur ini juga bersedia mendidik penggerak kampung (Kartar KD) dalam hal kebermanfaatan untuk masyarakat. Woow, ini seperti pergerakan yang akan terus mengalir layaknya tiga tahun lalu ada adik-adik SD yang diajari oleh relawan dan kini mereka menjadi relawan untuk kampungnya sendiri.

Sustainability yang seperti inilah perlu dilakukan dan dipahami ketika para pemuda/i turun ke masyarakat. Kita perlu sadar bahwa tak selamanya berada di tempat masyarakat, maka penggerak yang sustain sejatinya adalah mereka yang berada di kalangan masyarakat tersebut. Buat sistem agar bisa menularkan penggerak dan memberi kebermanfaatan pada masyarakat. Jadi bukan hanya kepada adik-adiknya saja melainkan mencari calon penggerak seperti teman-teman komunitas untuk melanjutkan perjuangan teman-teman komunitas dalam mendidik anak-anak yang masih TK-SD.

Terima kasih kepada teman-teman FBII Jawa Timur karena telah berkolaborasi dengan kampoeng dolanan dan menjadikan Kartar KD sebagai partner strategic dalam memberikan hal yang bermanfaat kepada masyarakat. Masih ada waktu 1,5 bulan untuk menjalankan program yang akan kita lakukan kedepannya. Project selanjutnya yaitu kita akan bersama-sama untuk melestarikan budaya nusantara pada hari kebangkitan masyarakat adat yang akan dilaksanakan di bulan Maret 2021. Tak sabar untuk berkreasi dan berkarya bersama. (sam/kd)