kampoengdolanan.or.id, Sore-sore kampoeng dolanan kedatangan tamu dari teman-teman gerakan @sejutabotolminum. Sebuah gerakan yang mengajak masyarakat untuk menggunakan botol yang bukan sekali pakai atau bahasa lainnya adalah tumbler. Kedatangan mereka juga dalam rangka kolaborasi dengan kampoeng dolanan. Ada 25 pcs botol yang diberikan ke kampoeng dolanan untuk disalurkan atau dibagikan kepada anak-anak yang diajak main.

Ujug-ujug kolaborasi terkait botol minum, teman-teman @sejutabotolminum kami ajak main terlebih dahulu. Permainan yang kami tunjukkan adalah permainan yang berbentuk kartu. Kampoeng dolanan di masa pandemi ini telah membuat 9 kartu permainan. Permainan itu ada Mino Child, Mino Dola, Mino Reg, Dolano Indonesia, Dolano In The World, Huruma, Mathemagic, Bingo Kampoeng Dolanan dan Ketapel Go!.

Semua kartu permainan dicoba, termasuk permainan ketapel go!. Sebuah permainan modifikasi dari permainan ketapel. Ketapel merupakan sebuah permainan yang kini mulai ditinggali karena dianggap permainan yang membahayakan. Membuat kaca rumah pecah, membuat genting tetangga rusak, membuat sakit jika peluru ketapel terkena badan dan alasan-alasan bahaya lainnya.

Alasan itulah yang membuat kampoeng dolanan memodifikasi permainan ketapel melalui sebuah kartu permainan. Di kartu permainan ini ada dua kartu yaitu kartu ketapel dan kartu sasaran. Setiap kartu mempunyai nilai dan di kartu ketapel mempunyai kartu khusus untuk membuat permainan menjadi fun. Seperti ada kartu kado, kartu benteng dan kartu lainnya. Saat kami bermain, wooooww. Senangnya karena kami semua belajar berstrategi bahkan setiap pemain bisa bekerjasama untuk mengalahkan teman yang lainnya.

Permainan ini berakhir ketika kartu sasaran telah habis. Sehingga meskipun kita masih punya kartu ketapel tapi kalau kartu sasaran sudah habis maka kita dinyatakan sebagai pemain yang kalah. Maka strategi menangnya adalah menjaga agar kartu sasaran tetap terselamatkan.

Semangat dan selamat bermain di era pandemi dengan ketapel go!