Belajar bisa dari manapun dan kapanpun, adik-adik kampoeng dolanan tidak menyangka bisa mendapatkan kesempatan belajar bersama dengan mahasiswa Universitas Brunei Darussalam (UBD). Sebuah program kerjasama antara Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga dengan Urban Care Community yang melibatkan Kampoeng Dolanan dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Mahasiswa Universitas Brunei Darussalam yang datang ke Surabaya memang sedang melaksanakan program sejenis KKN di Indonesia dan di terjunkan ke masing-masing komunitas untuk belajar bersama. Ada sekitar 30 mahasiswa dari Universitas Brunei Darussalam yang mengikuti program KKN di Surabaya.

10 Mahasiswa UBD di tempat binaan Kampoeng Dolanan yang berlokasi di Jalan Kenjeran IV-C Kec. Simokerto, 10 Mahasiswa UBD di tempat binaanUrban Care Community yang berlokasi di dan 10 Mahasiswa UBD di IPM yang berlokasi di SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya.

Mereka semua saling belajar tentang pertukaran budaya antara kebudayaan dari Indonesia dan kebudayaan dari Brunei Darussalam. Belajar tentang masing-masing kondisi negara, para mahasiswa menceritakan tentang negaranya dan adik-adik menceritakan tentang Indonesia dan saling bercerita masing-masing. Mulai dari lagu kebangsaan, tari tradisional brunei, praktek kreativitas, daur ulang dan drama.

Pada akhir masa KKN nya mereka, ada performance hasil kolaborasi dari masing-masing komunitas dengan mahasiswa UBD. Sebuah drama dan tari-tarian tradisional yang dipentaskan. Kampoeng Dolanan menampilkan drama tentang malin kundangnya Brunei Darussalam lalu ada fashion show kostum daur ulang dari Ibu-ibu Kreatif Kampoeng Dolanan. (sam)