Era pandemic membuat jenuh anak-anak yang harus selalu ada di rumah. Kejenuhan itu yang menjadi alasan orang tua untuk mengajak anaknya keluar sebentar saja untuk berolahraga agar imun mereka baik. Minggu (27/9), kampoeng dolanan menelusuri Sidoarjo, sebuah kawasan yang dekat sekali dengan kota Surabaya. Sudah sering kami menghampiri Sidoarjo. Sudah beberapa kali juga berkunjung ke tempat yang satu ini. Tempat yang sangat ramai dengan anak-anak berolahraga dan bermain layang-layang.

Baik di weekday maupun weekend, kami berkunjung kesana. Disana ada yang bermain layangan, mulai dari layangan hias, layangan sawangan hingga layangan sambitan. Masing-masing ada perbedaan bentuknya. Mungkin untuk layangan hias, mereka yang datang hanya bisa memandangnya saja. Termasuk layangan sawangan, juga hanya bisa memandang. Layangan sambitan ini paling seru diantara jenis layangan yang lain karena para penonton juga bisa terlibat bergerak di permainan ini.

Layangan sambitan atau layangan aduan ini biasanya terjadi pertempuran langit antara layangn satu dengan layangan lainnya. Pertempuran itu akan saling  mengalahkan antara satu dengan yang lain hingga membuat layangan tersebut putus. Nah, layangan yang putus ini dikejar oleh para penonton. Saking serunya layangan sambitan, banyak sekali para orang tua yang mengajak anaknya kesini.

tak sedikit juga orang tua yang ikut mengejar layangan yang putus. Tujuannya adalah untuk membahagiakan anak-anaknya ketika berhasil mendapatkan layangan tersebut. Bahkan meskipun tidak mendapatkannya, sang buah hati juga tetap bahagia dan memberi semangat kepada orang tua yang melakukan pengejaran terhadap layangan putus. Kalau kita semua nostalgia, mungkin akan ketika membaca ini kalian ketawa-ketawa sendiri.

Kampoeng dolanan pun akhirnya berfikir untuk mengapresiasi orang tua yang masih bersedia mengajak anaknya berolahraga dan bermain layang-layang. Kehadiran orang tua menurut kami krusial bagi tumbuh kembang anak. Sehingga, kami rasa pelru untuk mengapresiasi para orang tua tersebut. Akhirnya kemarin kami membagikan mainan kepada anak-anak yang ada di lokasi bersama orang tuanya.