kampoengdolanan.or.id, Indonesia kaya akan permainan tradisional. Ada 2600 jenis permainan tradisional yang bisa diangkat oleh semua provinsi di Indonesia. Tersebar dari Aceh hingga Papua, dari sabang sampai merauke. Dari segi bahasa pun juga bermacam-macam. Menariknya, tak ada yang sama sekali terjadi perdebatan bahwa permainan A adalah miliknya. Misalnya, engkle dianggap dari daerah A padahal belum tentu juga. Mengapa terjadi ? karena pada zaman dahulu tak ada model pengakuan karya, semua terjadi secara organik dan tersebar juga secara cepat.

Namun, sedikit demi sedikit proses pengakuan itu sedang diusahakan oleh masyarakat dan pegiat permainan tradisional dari berbagai daerah agar tak diakui oleh negara lain. Permainan tradisional itu menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Seperti halnya yang dilakukan dan diupayakan oleh masyarakat dari Buleleng, Bali. Mereka menggiatkan permainan tradisional berupa Gasing. Gasingnya adalah khas banget dari Bali, bobotnya saja mencapai 1-1,5kg. Sungguh berat dibandingkan jenis gasing-gasing dari daerah lain.

“Cara melestarikan adalah harus dimainkan, supaya bisa bermain juga harus ada yang membuat makanya harus diperbanyak orang-orang yang memproduksi gasing”, ujar Bagus, pengrajin gasing asal Buleleng, Bali. Ekosistem pelestari budaya harus dibuat, dimana ekosistem pelestari budaya itu adalah produsen, konsumen dan pemain. Tiga hal tersebut harus ada untuk pelestarian permainan tradisional.

Di Buleleng, tiap tahun secara rutin tetap melaksanakan kompetisi gasing sebagai wujud pelestarian permainan itu sendiri. Kami mencoba menggali informasi sejak kapan permainan gasing ada disana “saya tanya kakek saya, di masa kecilnya itu sudah main gasing cak”, ujar bli Arda, ketua tim gasing dari Buleleng.

Kalau misalnya dianalisis sederhana, ketika usia kakeknya adalah 70 tahun maka permainan gasing disana bisa diatas usia 70 tahun bahkan taksiran kampoeng dolanan permainan gasing di buleleng telah mencapai ratusan tahun. “Mungkin bisa mencapai ratusan tahun yaaa bli”, papar cak mus dari kampoeng dolanan. Sungguh menakjubkan buleleng karena semua masyarakat telah mendukung agar gasing tetap lestari. (sam)