Belajar sambil bermain, mungkin inilah yang selalu kami pakai ketika kami melakukan aktivitas roadshow untuk mengenalkan permainan tradisional kepada masyarakat. Indonesia mempunyai 2.600 jenis permainan tradisional. Sangat banyak ya ? namun seberapa banyak permainan yang sering kita mainkan ? hmm, rasanya hitungan jari yang ada di tangan mungkin belum kita mainkan secara rutin.

Di era yang sekarang, beberapa permainan mulai tidak dimainkan. Bukan untuk ditinggalkan atau ketinggalan zaman melainkan karena kekhawatiran yang dirasakan oleh orang tua ketika sang buah hati bermain. Pernah ketika kampoeng dolanan roadshow di sebuah tempat wisata, waktu itu bermain tarik tambang, ada anak kecil yang ikut dan masuk ke tali untuk narik tali tambang. Eh, selang beberapa detik kemudian ditarik oleh orang tua atau neneknya. Katanya “Jangan main itu, nanti jatuh, sakit” dan sederet alasan lainnya.

Permainan lain, selain tarik tambang juga ada seperti ketapel. Ini dijauhi oleh orang tua, sekali lagi dijauhi oleh orang tua bukan anak-anak. Orang tua selalu menuturkan kepada anak agar berhati-hati. Mungkin agar anaknya tidak kenapa-kenapa. Berangkat dari pengalaman orang tua atau melihat pengalaman temannya semasa kecil, ketapel membuat kaca tetangga pecah, genting rusak dan cedera temannya. Padahal setiap permainan jika dikelola dengan baik maka akan mendapatkan hasil yang baik.

Berangkat dari hal tersebut, kampoeng dolanan menciptakan permainan yang bersahabat dengan semua di berbagai kondisi. Akhirnya kampoeng dolanan membuat kartu permainan yang menyerupai ketapel. Kartu permainan tersebut bernama Ketapel Go!. Sewaktu kampoeng dolanan roadshow ke Komunitas Satya Graha (27/09), anak-anak dan pengajarnya juga bermain ketapel Go!. Dikenalkan cara bermainnya dan kemudian kita bermain bersama. Seru banget ! antusiasmenya mereka luar biasa. Tinggi banget. Canda tawanya juga lepas, interaksinya juga menakjubkan dan mereka pun juga berlatih strategi ketika bermain Ketapel Go!

Tak hanya ketapel go! saja yang dikenalkan kampoeng dolanan ke teman-teman satya graha. Ada mino child, mino dola, mino reg, dolano indonesia, dolano in the world dan 4 nuclear. Bermain tiada henti dan tak terbatas waktu mungkin akan mengarahkan mereka untuk terus bermain. Akhir kata, pada kartu permainan ini saat kita memainkannya sebetulnya kita sedang bermain yang tidak main-main.