Lebih dari 200 negara telah positif virus yang telah mewabah di tingkat dunia, Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Sudah 2,24 juta orang yang positif corona. Angka yang sangat besar dan masih diyakini akan bertambah karena perkembangannya yang sangat mudah untuk menular. Kami berdoa supaya virus ini agar segera berakhir dan semua kembali beraktivitas seperti biasa.

Ada dampak yang sangat signifikan. Semua masyarakat dihimbau oleh pemerintah untuk menjalankan aktivitasnya #dirumahaja dan himbauan ini sejalan juga dengan instruksi dari WHO agar penyebarannya tidak semakin meluas. Aktivitas kampoeng dolanan pun terkena dampaknya. Biasanya sering melakukan roadshow minimal 2-4 kali per pekan kini tidak ada. Biasanya mengisi dan melakukan edukasi tentang permainan tradisional di CFD Tunjungan, Taman Bungkul atau taman-taman yang ada di Surabaya, sekolah-sekolah, perkampungan, event dan kolaborasi dengan berbagai komunitas kini sudah tidak ada lagi.

Tak ada lagi aktivitas bermain dan berinteraksi langsung dengan anak-anak dan orang tua. Situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan ini terjadi di semua daerah yang ada di Indonesia. Menjalankan aktivitas #dirumahaja membuat kampoeng dolanan berfikir agar tetap ada pergerakan dalam hal edukasi permainan tradisional. Maka, kami pun mengubah konsep secara keseluruhan dimana kampoeng dolanan hanya sebagai katalisator untuk menggerakkan masyarakat menjadi agen perubahan dalam mengenalkan permainan tradisional. Siapa yang paling berpereran besar di wabah corona ? yakni, orang tua dan orang yang ada di dalam rumah.

Mungkin, secara kondisi orang di rumah juga kebingungan secara materi. Kami pun berfikir untuk menyiapkan materi tersebut hingga ada 21 mainan yang bisa dimainkan di rumah bersama keluarga dan khususnya anak tercinta. Semua terposting di sosial media kampoeng dolanan yang ada di kanal Instagram, Facebook dan Twitter. Himbauan #dirumahaja dilakukan juga oleh kampoeng dolanan hingga membuat #produktifdirumahaja.

Kampoeng Dolanan selama masa #dirumahaja berhasil membuat 9 kartu permainan yang bisa menjadi bekal untuk menemani keluarga yang sedang santai di rumah. Kartu permainan tersebut antara lain adalah Mino Dola, Mino Child, Mino Reg, Dolano In The World, Dolano Indonesia, Huruma, Matemagic, Bingo KD dan Ketapel GO!. Ada sembilan yang dibuat oleh kampoeng dolanan dengan waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 7 hari untuk penggalian ide dan risetnya lalu 7 hari berikutnya adalah play test ke teman-teman.

Selanjutnya diproduksi dengan wujud gerakan kampoeng dolanan yang baru. Mengedukasi permainan tradisional dengan peran orang tua. Jika rumahnya berukuran sempit pun tak masalah karena permainan ini bisa dimainkan di ukuran 1m x 1m sekalipun. Kami berharap, langkah baru ini di dunia yang baru karena wabah corona bisa menjadi alternatif kami dalam mengenalkan permainan tradisional. Semangat dan salam bermain !