www.kampoengdolanan.or.id, banyak sekolah yang melakukan kegiatan pada tanggal 25 November 2021. Peran aktif dari yang ada di sekolah sangatlah penting dan peran tersebut adalah pada guru. Tepat sekali, setiap tanggal 25 November selalu diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Para siswa dan orang tua siswa bahkan juga memberikan sesuatu kepada guru-guru di sekolah.

Kampoeng Dolanan juga turut serta pada peringatan hari guru, keterlibatan kampoeng dolanan ikut merayakan hari guru nasional tak lepas dari peran PAUD Mekar. Bu Ratna, pemilik PAUD Mekar merasakan kebahagiaannya ketika melihat anak-anak bermain permainan tradisional di ruang kelasnya. “Yeeeeeaaayy, kamu hebat. berani naik egrang. keren”, kata Miss Ana sapaan akrabnya.

Di PAUD Mekar, kampoeng dolanan mengenalkan beragam jenis permainan tradisional. Seperti permainan ampar-ampar pisang, cublek-cublek suweng, egrang bambu, lompat tali, lempar kholas dan mantra dolanan. Semua jenis permainan itu dimainkan di dalam kelas. Tidak diluar kelas, hal ini membuktikan bahwa permainan tradisional bisa dimainkan dimana saja. Sekalipun itu tempatnya tidak begitu luas.

Peserta yang ikut adalah anak-anak PAUD yang kisaran usianya mulai dari 3-4 tahun, namun ada juga yang kelas 2 SD sebagai peserta tambahan karena dia ikut senang bermain. Anak-anak cukup aktif ikut dan berani bermain permainan tradisional untuk semua jenis permainan tradisional. Oleh karenanya, mereka pun senang. “Kak, besok main lagi yaaa”, ucap salah satu anak PAUD yang ingin bermain lagi.

Kehadiran kampoeng dolanan merupakan salah satu program yang memang menjadi program rutinnya, yaitu KD Roadshow. Dimana program KD Roadshow bertujuan untuk pengenalan permainan tradisional. Sasarannya mulai dari sekolah, kampung, tempat umum, event dan komunitas. Segala tempat semua usia menjadi target untuk kami sosialisasikan permainan tradisional. Ayo main bersama kampoeng dolanan. Jika tertarik mengundang kampoeng dolanan, kamu bisa menghubunginya disini.