www.kampoengdolanan.or.id, Bermain dan belajar adalah hal yang disukai oleh anak-anak. Saat melihat permainan, anak-anak juga akan langsung mendekati dan kemudian bermain. Pada sabtu (27/11/2021), Kampoeng Dolanan berangkat ke Jombang untuk sekedar silaturahmi dengan teman-teman dari Dunia Imajinasi, Badala Nusantara, Rumah Merdeka dan Sekolah Pantomim Nusantara.

Sesampainya disana, kami berbincang santai tentang pergerakan dan memerdekakan anak. Ada sebuah kesamaan diantara satu sama yang lain, yaitu kerinduan untuk roadshow dan kolaborasi. Empat komunitas itu sudah seperti saudara seperjuangan, bahkan sempat melakukan roadshow keliling Bali selama seminggu secara bersama-sama. Setiap komunitas ambil peran tanpa diarahkan. Istilahnya mungkin bergerak dengan kesadaran, berjalan sesuai keinginan dan bahagia bersama karena saling bekerjasama.

Kerinduan untuk kolaborasi direncanakan saat malam hari, poster juga baru dibuat malam hari pukul 21.00 dengan kegiatan yang dilakukan pada besoknya pukul 06.00. Bisa membayangkan bagaimana mendadaknya kan teman-teman ? tapi itulah karena kerinduan kami. Waktu mepet tak jadi kendala, kampoeng dolanan pun memilih untuk memperpanjang hari agar bisa meluapkan kerinduan untuk kolaborasi bersama dengan teman-teman komunitas seperjuangan.

Akhirnya, kolaborasi itu terlaksana dengan sebuah konsep memadukan semua komunitas yang ada. Ada pantomim, dongeng, baca dan permainan tradisional. Digelar di Alun-alun Jombang, digerakkan bersama-sama dan mengajak masyarakat untuk berkumpul di alun-alun Jombang. Akhirnya, kami menemukan obat rindu yang bernama kolaborasi. Terima kasih kawan, langgeng terus semua perjuangan yang kita lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *