www.kampoengdolanan.or.id, Permainan tradisional yang dimainkan di Indonesia begitu banyak. Sangat banyak, mencapai ribuan jenis permainan tradisional. Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah permainan dari bahan sarung yaitu Boneka Sarung. Permainan ini dimainkan di kampoeng dolanan yang mengajak karang taruna sebagai penggerak dalam mengumpulkan anak-anak.

Cara bikin boneka sarung juga sangat mudah yaitu hanya butuh dua orang yang masing-masing orangnya saling megang ujung. Kemudian diglung sampai di tengah, lalu gulungan tersebut dibentuk vertikal dan bagian yang menonjol dibalik kebawah sehingga bagian atas kainnya rata tanpa gundukan gulungan.

Lalu masing-masing pemain melipat kain kedepan, salah satu diantara pemain itu melipatsilangkan kainnya dan kemudian ditarik sekencang-kencangnya. Setelah ditarik kemudian baliklah kain tersebut dan terbentuklah boneka sarung.

Dari bahan boneka sarung itu juga bisa dijadikan banyak permainan misalnya uncal boneka sarung, estafet boneka sarung, lempar boneka sarung dengan menggunakan kain sarung dan lain sebagainya. Akhir kata, selamat bermain dengan boneka sarung.