Surabaya, Minggu sore adalah sebuah waktu yang menyenangkan untuk digunakan bermain. Bermain yang mengasah kita untuk berinteraksi sosial dengan orang lain. Sama halnya dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial maka untuk bersosialisasi salah satunya melalui permainan.

Diawali dari ajakan Mas Supri dan ketemu juga dengan Pak Hari Boomerang untuk bermain ketapel saat sedang asyik latihan olahraga tradisional di Kelurahan Jambangan. Waktu itu Pak Hari membawa perlengkapan ketapel cukup banyak, lengkap dengan kelereng dan ketapelnya. Jenis ketapel yang dibawa juga sangat variatif dan banyak. Ada yang menggunakan kayu, fiber, besi dan bahkan ada juga ketapel yang langsung menggunakan media tangan.

Banyaknya variasi jenis ketapel yang dibawa membuat kami penasaran untuk mencobanya. Dipilihlah salah satu diantara itu dan kemudian mencoba bermain ketapel. Kala itu diberi biji ketapel berupa gotri atau yang mungkin lebih dikenal dengan kelaker. Sasaran ketapel adalah botol yang digantung diatas dengan bakcground kain di belakang botol untuk memberikan kondisi aman. Nyaris nipis, mepet sekali, aduh sedikit lagi, yah, melenceng jauh dan berbagai komen seru dan lucu yang lainnya.

Seusai bermain di Kelurahan Jambangan, Mas Supri pun mengajak kami untuk ikut latihan ketapel pada minggu sore yang bertempat di Surabaya Selatan. Wah, ini menarik lagi nih. Kumpul bareng dengan teman-teman yang akan bermain ketapel dan semuanya akan ngomongin satu permainan yang bernama Ketapel. Latihan ini digabung dengan Cortraj Jambangan, KOT Surabaya, Kampoeng Dolanan dan Warga Surabaya dan sekitarnya.