Balogo, Permainan Tradisional dari Kalimantan

KD News, Permainan tradisional yang sering dimainkan di Indonesia sangatlah banyak. Ada ribuan permainan tradisional yang sering dimainkan di Indonesia. Kang Zaini Alif, founder komunitas hong telah melakukan penelitian dan berhasil mendokumentasikan 2.300 jenis permainan tradisional Indonesia. Lantas, apakah sebanyak itu pula kita mengetahui jenis-jenis permainan tradisional Indonesia?

Venda Kusuma Apsari, salah satu mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mendapatkan tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang bertema wawasan kebangsaan. Dia bersama kelompoknya memutuskan untuk menggunakan permainan tradisional sebagai topik di wawasan kebangsaan yang akan disampaikan kepada masyarakat.

Hari itu, rabu (15/5) sore bertempat di Kedung Asem Gang 10, mulai berdatangan satu per satu dan menjadi banyak. Ramailah lokasinya hingga dimulailah acaranya. Venda, menjelaskan tentang dolanan nusantara yang diwakili di masing-masing pulau. Misalnya di Sulawesi tepatnya di Makassar, ada Pa’ raga atau nama yang sering kita kenal dengan sebutan sepak bola takraw. Di kalimantan, terdapat permainan balogo permainan yang menggunakan bambu dan batok kelapa namun oleh kampoeng dolanan di modifikasi dengan menggunakan papan kayu.

Di jawa ada permainan lompat tali, gasing jogja dan lain-lain. Ada juga permainan ketapel yang disiapkan untuk digunakan bermain anak-anak. Di Nusa Tenggara Barat, dikenalkan tentang kendeker atau istilah lainnya adalah kelereng. Di Bali ada metajog, di sumatera ada marjalengkat yang arti di kedua daerah ini adalah permainan egrang bambu.

Mahasiswa PENS mempresentasikan dolanan nusantara di kedung asem gang 10

Waktu masih beberapa hari lagi, namun anak-anak sudah tidak sabar untuk segera bermain dengan dolanan nusantara. “Anak-anak disini mas, selalu tanya ke saya, bu tiny jadi kapan mainnya? besok rabu yaa” ujar bu tiny, ibunya venda yang selalu senang dengan anak-anak. Padahal, hari itu masih hari senin. “Pokoknya, dinanti-nantikan permainannya sama anak-anak” tutup bu tiny.

Dengan topik dolanan nusantara, anak-anak akhirnya mengenal Indonesia. Mereka menjadi tahu bola takraw di makassar namanya apa, permainan balogo yang dari kalimantan cara bermainnya seperti apa, nama lain dari egrang bambu di berbagai daerah itu apa dan jenis-jenis permainan lainnya. (sam)