www.kampoengdolanan.or.id, Wabah pandemi ini menjadi buah pikir masyarakat semuanya tanpa terkecuali. Termasuk dari kalangan civitas akademika. Mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi. Kampoeng Dolanan mencoba untuk mengambil peran dalam kehadirannya menjadi solusi dalam pengentasan pendidikan bagi anak-anak. Hal itu dijalankan oleh wadah kecil yang tergabung di Karang Taruna Kampoeng Dolanan (Kartar KD). Kartar KD merupakan organisasi kecil dibawah naungan kampoeng dolanan untuk mengangkat program-program yang berdekatan dengan anak-anak SD. Misalnya seperti pengadaan wifi gratis dan pendampingan belajar dengan konsep tutor sebaya. Tak hanya itu, mereka juga menjadi teman bermain bagi anak-anak.

Kartar KD pun kini mulai berkembang. Mereka bisa berkolaborasi dengan Komunitas Forum Berbagi Ilmu Indonesia Chapter Jawa TImur (FBII Jawa Timur) untuk mengadakan pendampingan belajar. Program pendampingan belajar yang dilakukan kartar mencapai 4 hari dalam seminggu, yaitu Senin, Selasa, Rabu dan Jumat. Perkembangan yang cukup bagus dilakukan oleh kartar dimana kartar biasanya identik dengan Agustusan saja namun ini ada sejak oktober lalu dan terus berjalan hingga sekarang ini.

Terbaru, kemarin (3/3) kartar KD datang ke SDN Simokerto V/138 Surabaya dimana sekolah tersebut merupakan kawasan sekolah yang dekat dengan kampoeng dolanan. Semua pengurus telah datang ke sekolah. Mereka yang datang berjumlah 11 anak, mereka adalah Triya (Kelas 11), Salva (Kelas 9), Azzahra (Kelas 8), Nayla (Kelas 9), Lulu (Kelas 8), Putra (Kelas 6), Erik (Kelas 6), Salsa (Kelas 5), Disya (Kelas 7), Putri (Kelas 8) dan Angger (Kelas 5). Secara lengkap semuanya datang, artinya mereka sangat antusias untuk melakukan audiensi dengan Kepala SDN Simokerto V/138 Surabaya, Ibu Titik Sumarliyah.

Diawali dari ruang kepala sekolah dan berlanjut di ruang kelas karena jumlahnya banyak.mencapai 11 anak maka dipindahkan ke ruang kelas. Nah, disini ada paparan program yang dijalankan oleh Kartar KD selama setahun, khususnya di tahun 2021 dan kemudian dilanjut dengan respon dari kepala sekolah untuk sinergi program yang bisa dilakukan dengan anak-anak. Disamping itu juga memberi motivasi kepada anak-anak agar tetap semangat menjalankan kebermanfaatan untuk masyarakat.

Hal terdekat yang akan dilakukan atau disinergikan dengan SDN Simokerto V/138 Surabaya adalah pelaksanaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat dengan tajuk Satu Nusantara. Pelaksanaan acara ini akan dilakukan pada tanggal 20 Maret 2021. Pada kegiatan tersebut akan ditampilkan berbagai macam acara dimulai dari Upacara Hari Kebangkitan Masyarakat Adat, Gelar Budaya Nusantara, Gelar Permainan Rakyat, Sepak Bola Api, Tarian Tradisional hingga Webinar Kebudayaan dengan Mahasiswa Taiwan. Kegiatan ini akan dilangsungkan pada sore hari dan berakhir pada malam hari. (sam/kd)