kampoengdolanan.or.id, Memasuki awal bulan di tahun 2021 beberapa anak muda dari kampung Kenjeran IV-C Kecamatan Simokerto Kota Surabaya sudah mulai bergeliat untuk memberi manfaat kepada masyarakat. Terlebih khusus kepada adik-adik yang masih sekolah dasar. Anak-anak muda itu tergabung dalam sebuah organisasi bernama Karang Taruna. Para pengurusnya pun terdiri dari berbagai macam kluster pendidikan. Mulai dari SD, SMP hingga SMK.

Sejak bulan Oktober 2020 lalu, kartar memang sudah bergerak dengan regenerasi pengurus. Sepanjang akhir tahun, kartar telah bergerak saja. Intinya berkumpul dan mengajak adik-adik untuk berkegiatan bersama. Pada akhir tahun 2020, barulah mulai menyusun program sepanjang tahun 2021 dan menyusun kepengurusan. Setelah melakukan hompimpah alaihom gambreng terpilihlah ketua kartar hingga perangkat intinya.

Untuk program yang dijalankan pada bulan januari 2021 ini adalah pemanfaatan wifi gratis untuk anak sekolah dan main sore. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk support kampoeng dolanan dalam hal pendidikan di era pandemi. Pemerintah melakukan kebijakan untuk sekolah daring, maka disitu juga kami berusaha hadir mendukung pemanfaatan wifi gratis untuk masyarakat.

Namun, ketika mata sudah tersentuh gawai cukup lama maka perlu diimbangi dengan olahraga fisik. Sehingga saat selesai sekolah, di waktu sore hari kartar mengajak adik-adik tersebut untuk bermain permainan tradisional. Beberapa permainan yang sudah dimainkan seperti patil lele, hulahop, cublak-cublak suweng, kotak pos, egrang bambu, egrang batok kelapa dan lain-lain. (cm/kd)

Susunan Pengurus Kartar Kampoeng Dolanan :
Ketua : Triya Yulindah Syarani (SMK IKIP Surabaya – Kelas XI)
Wakil Ketua : Salva Dyah Intan Anggraeni (SMPN 41 Surabaya – Kelas IX)
Sekretaris : Azzahra Naura Zakiah (SMPN 41 Surabaya – Kelas VIII)
Bendahara : Nayla Oktavia Ramadhani (SMPN 44 Surabaya – Kelas IX)
Manajer Program : Lulu Salsabillah (SMPN 41 Surabaya – Kelas VIII)
Anggota : Erik dan Putra (SDN Simokerto V/138 Surabaya – Kelas VI)