Di Surabaya terdapat gerakan yang mengajak masyarakat untuk peduli pada lingkungan dengan mengangkat topik mengenai botol minum. Botol plastik sekali pakai yang sekarang semakin marak di Indonesia menjadi perhatian khusus teman-teman gerakan @sejutabotolminum. Dalam sebuah penelitian, botol plastik sekali pakai ini terurainya sangat lama. Lamanya mencapai 450 tahun. Waktu yang sangat lama sekali. Dampaknya menjadi limbah bagi bumi, membuat bumi menjadi tempat sampah abadi.

Maka gerakan @sejutabotolminum ini hadir untuk memberikan penyadaran ke masyarakat tentang penggunaan botol. Gunakan botol minum yang tidak hanya sekali pakai. Sehingga, gerakan ini adalah membuka donasi kepada masyarakat untuk memberikan botol minum dan disalurkan kepada masyarakat. Salah satunya adalah kolaborasi dengan komunitas. Kampoeng dolanan dipilih menjadi salah satu kolaboratornya untuk membagikan botol minumnya.

Ada 25 pcs botol minum yang disalurkan kepada anak-anak yang bermain bersama kampoeng dolanan di setiap kegiatannya. Botol minum dari mereka kami salurkan ke anak-anak yang berada di kampung tempe bang jarwo dan Sidotopo Wetan Baru. Dua kampung itu dipilih karena kampoeng dolanan melakukan roadshow di dua tempat tersebut. Anak-anak pun senang ketika diberi hadiah berupa botol minum yang tidak sekali pakai.

Pemberian botol minum tersebut bukan hanya diberi saja, namun ada edukasi juga mengenai penggunaan botol minum hingga praktik penggunaan botol plastik sekali pakai yang mempunyai dampak negatif untuk bumi ini. 25 pcs botol minum ini diberikan secara langsung oleh perwakilan @sejutabotolminum. Mereka adalah mas lintang dan mbak mia. Selain memberi botol, kampoeng dolanan juga mengajak mereka untuk bermain kartu permainan yang dibuat oleh kampoeng dolanan.

Kami mengucapkan terima kasih banyak atas pemberian botol minumnya dan memberikan kebahagiaan juga kepada anak-anak yang telah selesai bermain bersama kampoeng dolanan. Semoga kedepan bisa berkolaborasi untuk membahagiakan anak negeri dengan cara dan peran kita masing-masing. Salam kolaboratif !