Tak ada yang menyangka jika perjalanan kampoeng dolanan bisa sejauh ini. Kampoeng dolanan yang dibentuk pada tanggal 13 Desember 2016 lalu kini semakin berkembang dan terus bertambah. Penanaman di kampoeng dolanan yang menggunakan konsep pengembangan diri ternyata sangat ampuh untuk perkembangan kampoeng dolanan sendiri. Salah satu contohnya adalah egrang organizer. Seorang relawan bernama Destu Ayu Hapsari, ingin belajar tentang manajerial event. Akhirnya terbentuklah yang namanya Egrang Organizer.

Namun siapa yang menyangka, bahwa proses menjalankan egrang organizer dari ide muncul hingga bergerak adalah enam bulan ? tak ada yang menyangka. Itulah yang kami ilhami sebagai sebuah proses. Proses dari yang semula ingin belajar tapi takut untuk memulai. Hingga membutuhkan enam bulan untuk berani memulai dan mengawali. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah kegiatan workshop dengan menghadirkan pembicara dari Jakarta dan bisa didapat secara gratis. Event pertama ini dapat dibilang sukses karena pendaftar dan yang datang melebihi dari kuota yang telah ditentukan.

Setelah dijalankan, egrang organizer semakin aktif. Hampir tiap bulan selalu menjalankan event dengan tujuan utama adalah ingin belajar tentang manajerial event. Mulai dari kegiatan bernama e-talk, lalu kerjasama juga dengan kampus swasta yang ada di Surabaya. Bahkan bekerjasama antar anak kampoeng dolanan juga bisa dilakukan. Seperti pelaksanaan workshop wayang botol yang dilakukan dengan bekel craft. Hal-hal yang seperti inilah yang perlu dipelajari dan didalami secara aktivitasnya.

Tak cukup sampai disitu. Jika sudah terlanjur masuk ke dalam tentang manajerial event. Maka hal-hal yang meliputi di dalamnya pun juga turut dipikirkan dan dipertimbangkan. Asal muasalnya adalah untuk meningkatkan aktivitas dan peluang-peluang yang bisa dilakukan ketika ada event. Yakni, membuka usaha lain. Pancingan pertamanya melalui jualan pulsa. Ketika sudah bertemu barulah kemudian berdiskusi dan berkembanglah hasil diskusinya hingga menjadikan unit tersendiri untuk melayani kebutuhan event. Namanya adalah Egrang Corner.

Egrang corner tugasnya adalah memenuhi kebutuhan event. Misalnya melayani penjualan pulsa atau isi ulang pulsa, token pln dan lain-lain. Selain itu juga mampu untuk mengerjakan merchandise event, seminar kit, piala dan dresscode event. Ada kemungkinan ini akan terus berkembang. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan event yang berkembang ditengarai egrang corner akan menjadi unit yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

Jika egrang organizer adalah anak dari kampoeng dolanan dan egrang corner adalah anak dari egrang organizer maka egrang corner adalah cucu dari kampoeng dolanan. Semoga dengan berkembangnya kampoeng dolanan sejauh ini dapat memberi manfaat kepada semua masyarakat pada khususnya relawan yang sudah berkontribusi di kampoeng dolanan hingga saat ini.